NURFITRIANA: Identifikasi Ikan Baung

Selasa, 02 Agustus 2011

Identifikasi Ikan Baung


Klasifikasi
Ordo : Ostariophysi
Famili : Bagridae
Genus : Mystus
Spesies : Mystus nemurus

Mempunyai berbagai nama daerah, diantaranya bauong, bawon, sogo, senggal, singgah, niken, siken, baceman. Tumbuh hingga 65 cm dengan berat hingga 6 kg.
Bentuk badan agak memanjang, kepala picak, tidak memiliki sisik, mulut subterminal, ukurun mulut lebar dan tidak dapat disembulkan. Bibir tipis, bibir atas ditutupi kulit lipatan hidung, bibir atas bersambung dengan bibir bawah dan tidak
bergerigi, memiliki sungut 4 pasang. Berwarna coklat gelap dengan pita tipis memanjang yang jelas berawal dari tutup insang hingga pangkal sirip ekor, pangkal sirip lemak sama dengan panjang pangkal sirip dubur. Lebar badan 4 kali lebih pendek dari panjang standar, bagian atas kepala kasar, terdapat garis gelap memanjang di tengah, biasanya terdapat sebuah titik hitam diujung sirip lemak, penghuni dasar perairan, banyak dijumpai pada aliran sungai yang tidak deras, pada awal musim hujan, bersifat omnivore dan merupakan ikan ekonomis penting, 12-13 jari-jari lemah pada sirip dubur.
Distribusi dan habitat di alam terdapat di Indochina, Kalimantan, Sumatra, Jawa, dan Malaysia. Ikan ini hidup di sungai-sungai besar. Saat banjir akan melimpah keberadaannya.

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentar blog ana ya.. :)