NURFITRIANA: Klasifikasi Ikan Plati Pedang (Xyphophorus helleri)

Senin, 01 Agustus 2011

Klasifikasi Ikan Plati Pedang (Xyphophorus helleri)


a. Klasifikasi
Ordo : Cyprinodontoidei
Sud ordo : Poecilioidei
Famili : Poecilidae
Genus : Xyphophorus
Spesies : Xyphophorus helleri
Nama asing : Swordtail

b. Distribusi
Distribusi dan habitat alami berasal dari Meksiko, Florida, dan Virginia. Ikan ini diintroduksi ke Indonesia sekitar 1930-an.

c. Deskripsi
Bentuk tubuh seperti ikan guppy (memanjang dengan potongan melintang compressed)tetapi lebih besar. Kepala tumpul dan bersisik. Moncong pendek. Mulut terminal, ukurannya sempit dan dapat disembulkan. Bibir tipis, tidak mempunyai sungut, hidung terletak di daerah kepala, di atas mulut. Termasuk dalam kelas osteichthyes. Mata ikan terletak disisi kanan dan kiri kepala. Sisik menutupi tubuh mulai dari daerah kepala sampai ke pangkal sirip ekor. Tipe sisik adalah cycloid. Gurat sisi berbentuk lurus terdapat disepanjang tubuh, mulai dari belakang operculum sampai ke batang ekor. Bentuk gurat sisi menyerupai garis lurus.

Sirip lengkap (D, V, P,A, C), jari-jari sirip lemah.Tidak mempunyai sirip lemak, finlet, Scute, Keel, dan korselet. Sirip punggung berbentuk sempurna dan hanya berjumlah satu , letak sirip punggung di pertengahan. Permulaan dasar sirip punggung persis sama dengan permulaan sirip perut. Sirip dada terletak di bagian anterior badan di belakang tutup insang (operculum). Posisi sirip perut sub abdominal. Sirip anal terletak disisi ventral badan, ikan ini mempunyai pedang yang panjang, pedang ini sebenarnya adalah sirip anal yang tumbuh memanjang. Sirip punggung dan ekornya relatif lebar. Sirip ekor terletak pada bagian paling anterior dari tubuh ikan, bentuk sirip ekor berpinggiran tegak. Warna ikan orange cerah dengan bagian perut berwarna keperakan dan berlendir, tidak mempunyai kelenjer racun.

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentar blog ana ya.. :)