NURFITRIANA: Klasifikasi Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus)

Selasa, 02 Agustus 2011

Klasifikasi Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus)













Klasifikasi
Ordo : Percomorphi
Famili : Serranidae
Genus : Ephinephelus
Spesies : Epinephelus fuscoguttatus
Nama dagang : brown marble grouper, flowery cod, blotchy rock cod, carpet cod, akamadaharata, lo fu pan
Nama lokal : garopa, kerapu macan, kerapu.

Bentuk ujung sirip ekor, sirip dada, dan sirip dubur ikan berupa busur. Kepala dan badannya berwarna abu-abu pucat kehijauan atau kecokelatan. Badan dipenuhi dengan bintik-bintik gelap berwarna jingga kemerahan atau coklat gelap. Bintik-bintik dibagian tengah lebih gelap dibanding yang di pinggir. Ukuran bintik semakin mengecil ke arah mulut. Adapun punggung dan pangkal sirip punggung ikan terdapat bercak besar kehitaman.

Bentuk badan kerapu macan memanjang dan cenderung gepeng (compressed) atau agak membulat. Ketebalan tubuh adalah 2,6 – 2,9 dari panjang standar, dengan skala garis lateral adalah 53-58. Panjang total tubuh kerapu macan dapat mencapai 80 cm. Mulut berukuran lebar dengan posisi serong keatas dan bibir bawah menonjol keatas. Rahang atas dan bawah dilengkapi dengan gigi-gigi geretan berderet dua baris, lancip dan kuat. Gigi-gigi terbesar terletak dibagian depan. Sirip ekor berbentuk membulat (rounded). Lobang hidung besar berada diatas mulut berbentuk bulan sabit.

Kerapu macan termasuk kelompok ikan kerapu yang berharga tinggi. Jenis kerapu ini merupakan ikan asli Indonesia yang hidup tersebar di berbagai perairan berkarang di Nusantara. Selain di Indonesia, daerah penyebaran kerapu macan meliputi perairan di wilayah Indo-Pasifik.
Ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) merupakan ikan karang yang tergolong dalam famili Serranidae, tubuhnya dipenuhi sisik yang berukuran kecil yang berbentuk sikloid. Nama kerapu diberikan biasanya untuk empat genus Serranidae yaitu Epinephelus, Variola, Plectropampus dan Cromileptes. Di Indonesia Epinephelus sendiri mempunyai 38 species. Sebagian besar famili Serranidae hidup di perairan dangkal dengan dasar pasir berkarang, walaupun beberapa jenis dapat ditemukan di perairan dalam.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Thankz ya, atas dta'y,,
Kuliah d'Unri ya

Anonim mengatakan...

gambar nya tu bener ikan kerapu macan?
apa beda nya dengan ikan kerapu bebek?

Anonim mengatakan...

thanks yaaaaaaaa

Unknown mengatakan...

ada gak data analisa usaha hatchery kerapu?

Posting Komentar

jangan lupa komentar blog ana ya.. :)